Berbagai Manfat Ada Disini.

Cara Meredakan Sakit Maag yang Begitu Akut

Para penderita sakit maag pasti sangat menderita jika penyakit Maag ini sering kambuh. Sakit maag ini merupakan penyakit yang diakibatkan radang pada dinding lambung akibat asam lambung yang berlebihan atau dalam bahasa medis dikenal dengan gastritis.

Penyakit maag ini sering menyerang pada siapa saja dan seluruh kalangan. Tak biasa maag disebabkan oleh pikiran yang stress dan akibat telat makan. Pola makan yang tidak teratur serta jenis makanan yang dikonsumsi juga turut serta mempengaruhi penyakit maag ini.

Penyakit maag ini atau gastritis ini dapat disebabkan pula oleh mikroorganisme seperti bakteri. Bakteri ini menginfeksi, dimana bakteri tersebut adalah Helicobacter pylori yang dapat menginfeksi lambung dan menyebabkan luka pada lambung.

Bakteri ini perlu dimatikan dengan beberapa penelitian menyatakan bahwa beberapa makanan dapat menyembuhkan gastritis akibat bakteri ini dan dapat mematikannya sehingga tidak menimbulkan luka.

Makanan Penyembuh Sakit Maag

Beberapa makanan yang dapat menyembuhkan dan meminimalisir penyakit gastritis atau maag ini adalah pertama sayuran berwarna hijau.

Sayuran hijau ini berdasarkan penelitian mengandung vitamin A, C, K, Asam Folat, Kalsium, Zat besi, dan juga mineral. Vitamin dan mineral ini lah yang memiliki peran penting dalam proses menyembuhkan penyakit maag atau gastritis ini.

Contoh sayuran hijau tersebut seperti brokoli, kubis, kol, bawam, kacang hijau, kacang polong , dan lainnya.

Kedua adalah makanan dengan kandungan flavonoid yang merupakan salah satu senyawa antioksidan.

Flavonoid ini dapat ditemukan secara sering pada buah – buahan dengan warna yang berwarna cerah.

Senyawa flavonoid yang merupakan senyawa antioksidan ini juga dapat membantu untuk mematikan atau menghambat pertumbuhan dari bakteri Helicobacter pylori yang dapat mengakibatkan penyakit maag.

Beberapa contoh makanan yang mengandung flavonoid selain buah – buah an adalah daun seledri,, cranberry,, paprika, labu, dan lainnya.

Ketiga adalah makanan dengan kandungan protein rendah lemak. Protein dibutuhkan oleh tubuh untuk memperbaiki sel – sel tubuh yang rusak, dimana hal ini berhubungan dengan rusaknya atau lukanya lambung sehingga dengan kecukupan protein dapat menghambat atau menyembuhkan maag yang berupa luka pada lambung.

Disarankan untuk memilih makanan dengan kadar protein tinggi dan lemak yang rendah dikarenakan lemak dapat menstimul produksi asam lambung berlebih sehingga dapat membuat luka pada lambung.

Contoh dari makanan ini seperti daging tanpa lemak, ikan, kacang – kacangan, susu skim atau susu rendah lemak, dan yoghurt rendah lemak.

Ketiga jenis makanan tersebut merupakan makanan yang dapat meminimalisir terjadinya maag atau gastritis.

Komponen – komponen yang terkandung dapat membantu untuk menyembuhkan luka – luka pada lambung.

Selain makanan yang direkomendasikan ada pula list makanan yang dicegah atau dilarang dikonsumsi untuk menghindari terjadinya maag atau menghindari kambuhnya maag atau gastristis, dimana makanan – makanan tersebut adalah seperti cabai yang pedas.

Dimana rasa pedas ini dapat memicu asam lambung meningkat dan radang usus, buah jeruk yang merupakan asam akan meningkatkan kadar asam pada lambung sehingga akan menyebabkan luka pada lambung, coklat dan teh pun juga dilarang dikarenakan sifatnya yang asam dan dapat mengakibatkan terjadinya maag atau gastritis.

Leave A Reply

Your email address will not be published.