Berbagai Manfat Ada Disini.

Hay, Kita Coba Pola Hidup Sehat Yuk

Pola hidup sangat berpengaruh terhadap kesehatan. Terutama dari pola makan dimana makanan yang dikonsumsi akan sangat berpengaruh terhadap kesehatan manusia. Komponen – komponen makanan yang terkandung akan berpengaruh terhadap kesehatan manusia.

Hal ini dapat terjadi karena komponen – komponen makanan tersebutlah yang akan menjadi nutrisi untuk tubuh. Seperti hal nya karbohidrat, protein, lemak, dan lainnya. Semua harus dalam jumlah yang tepat dan tidak kekurangan mau pun berlebihan. Hal ini berlaku untuk seluruh komponen bahkan termasuk lemak. Lemak sangat penting untuk tubuh terutama dalam ketahanan tubuh terhadap suhu dan cadangan energi.

Pola makan ini lah yang menjadi salah satu penilaian komponen dari pola hidup yang memilki peran penting.

Menjaga Pola Makan yang Sehat

Pola makan yang disarankan adalah 3 kali makan besar atau makan utama dalam sehari dengan cemilan atau kudapan 2 kali di setiap sela makan. Pola makan 3 kali sehari meliputi makan pagi atau sarapan, makan siang atau makan utama, dan makan sore atau malam sebagai penutup.

Dimana setiap sela waktu tiap jam makan disarankan memiliki kudapan atau camilan.

Selain waktu makan yang harus teratur, jumlah dan komponen makanan yang dimakan juga harus diatur dan sesuai agar tubuh tetap sehat. Pertama ketika sarapan atau makan pagi secara umum disarankan untuk makan secukupnya atau dalam porsi kecil dan mengandung karbohidrat sebagai sumber energy seperti roti dan susu, sereal, kentang rebus, sayuran rebus, buah – buahan, dan lainnya.

Tidak disarankan pagi hari memakan makanan berat dikarenakan organ pencernaan masih baru bekerja sehingga tidak memungkinkan untuk mencerna komponen kompleks yang terkandung pada makanan berat.

Kedua makan siang, sering dikata oleh orang – orang makan siang boleh dengan porsi raja. Hal ini dimaksudkan makan siang boleh makanan berat seperti nasi dengan daging, sayur, dan kudapan buah.

Pilihan menu berat yang seimbang juga akan membantu pola makan tetap terjaga dan menjaga kesehatan. Pilihan menu seperti kandungan karbohidrat yang cukup, protein cukup, lemak cukup, mineral , dan juga vitamin.

Walaupun diperbolehkan memakan makanan dengan menu berat namun disarankan untuk tetap menjaga makan dalam porsi yang standard. Ketiga adalah makan malam, hal ini berkebalikan dengan makan siang dimana makan sore atau malam ini diibaratkan makanlah seperti makanan tersebut adalah makanan persediaan terakhir mu.

Makan malam identik dengan mendekati jam tidur atau istirahat sehingga lebih baik memakan hanya sedikit dan terutama untuk yang sedang mengatur pola makan dilakukan dengan baik seperti memakan buah.

Pola hidup yang demikian setelah mengatur pola makan, pola aktivitas turut serta dalam berperan menjaga kesehatan.

Waktu tidur, waktu bangun, dan aktivitas lain seperti pergi ke sekolah, belajar, bekerja, dan berolah raga. Semua aktivitas perlu diatur dan memiliki porsi nya masing – masing. Waktu tidur yang tepat adalah 6 hingga 10 jam dimana secara umum untuk dewasa adalah 7 jam dalam sehari. Lebih baik tidur lebih awal dan bangun lebih awal.

Di kalangan dewasa ini sering kali yang terlupa adalah olah raga. Hal ini perlu disempatkan minimal seminggu sekali seperti sekedar melakukan kardio seperti jalan kaki, jogging, atau pun sekedar aerobik di rumah. Hal ini dapat membantu tubuh untuk bekerja secara efisien dalam menjaga kesehatan. Hal – hal sederhana ini lah seperti mengatur pola makan dan pola aktivitas yang dapat membuat hidup menjadi lebih baik dan sehat.

Leave A Reply

Your email address will not be published.